PROGRAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS 7 

SMP NEGERI 1 KALORAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Kompetensi Inti

KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara   efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


No.

MATERI

KOMPETENSI DASAR

Indikator

 

1

 

1.     Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara, meliputi:

a. Alasan Jepang diterima di Indonesia

b. Penderitaan Rakyat Indonesia oleh Jepang melalui pelaksanaan kerja paksa, pengambilan paksa, perbudakan paksa.

c. Latar belakang Pembentukan BPUPKI.

d. Sidang BPUPKI 1 Perumusan Dasar Negara

e. Tokoh yang mengusulkan ide tentang Rumusan Dasar Negara.

f.  Panitia Sembilan

g. Perubahan pada Piagam Jakarta.

2.    Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara melalui sidang PPKI 18 Agustus 1945.

3.    Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara, meliputi:

a. Nilai semangat pendiri negara.

b. Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila

 

1.1.1 Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

1.1.2 Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara

 

2.1.1 Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen pendiri negara.

2.1.2 Berani berperan/ mensimulasikan sebagai pendiri negara

3.1.1Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam sidang BPUPKI.

3.1.2Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila

3.1.3Mendeskripsikan perumusan Dasar Negara dalam sidang Panitia Sembilan.

3.1.4Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

3.1.5Menunjukkan  semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

4.1.2 Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

4.1.3 Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.

4.1.4 Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara

Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

Norma dan Keadilan, meliputi:

1.     Norma dalam kehidupan bermasyarakat, meliputi:

a.        Pengertian norma

b.       Tujuan norma

c.        Fungsi Norma

2.   Mengenal macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, meliputi:

a.        Norma Kesusilaan

b.       Norma Kesopanan

c.        Norma Agama

d.       Norma Hukum

3.     Arti Penting Norma dalam mewujudkan Keadilan

4.     Perilaku sesuai norma dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa

 

 

1.2.1 Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara

1.2.2 Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

2.2.1 Mendukung proses penegakan hukum

2.2.2 Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah

3.2.1Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma

3.2.2Mendeskripsikan macam-macam normadalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

3.2.3Menunjukkan perilaku sesuai norma

3.2.4Menunjukkan macam-macam keadilan

3.2.5Menganalisis pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

4.2.1Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma

4.2.2 Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

4.2.3 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah

Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

Memahami   norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

 

Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan

 

 

3

 

Perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945, meliputi:

1.   Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

a. Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

b.     Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2.   Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia

3.   Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman

 

1.3.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.3.2 Bangga memiliki nilai luhur UUD NRI Tahun 1945

2.3.1 Menghargai peran pendiri negara dalam perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945

3.3.1 Mendeskripsikan perumusan UUD NRI dalam Sidang Kedua BPUPKI

3.3.2 Mendeskripsikan pengesahan UUD NRI Tahun 1945

3.3.3 Mendeskripsikan arti penting UUD NRI Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia

3.3.4 Mengidentifikasikan nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945

4.3.1 Memiliki tanggung jawab untuk memahami UUD NRI Tahun 1945 secara utuh.

4.3.2 Menyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD NRI Tahun 1945 bagi bangsa dan negara Indonesia

4.3.3 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD NRI Tahun 1945

 

Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

 

Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

 

 

 

Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945