KELAS VII

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan  Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa  mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) 

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1. Menghargai dan menghayati ajaran  agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli (toleran, gotong  royong), santun, percaya diri dalam  berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan 

keberadaannya

KOMPETENSI DASAR 

KOMPETENSI DASAR

1.1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan  meyakini bahwa rendah hati, hemat,  dan hidup sederhana adalah perintah  agama

2.2.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagaii mplementasi

Q. Q.S. al-Mujadilah /58:11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis    terkait

1.2 Terbiasa membaca Al-qur’an dengan meyakini bahwa Allah SWT mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar dan pemaaf.

2.2 Menunjukkan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait.

1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat

2.3 Menunjukkan  perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi  makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

1.4 Beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

Menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat

5      Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama.

5     Menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

1.6 Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama

2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

1.7 .   Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam

2.7. Menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat

1.8 Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam

2.8   Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjemaah.

 

-242- 

 1.9. Menunaikan sholat jum’at sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah

 2.9. Menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan sholat Jum’at 

     

1.10   Menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi   pemahaman ketaatan beribadah

2.10  Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar

Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW  periode Mekah dan Madinah

2.11. meneladani perjuangan Nabi

Muhammad saw. periode Makkah

Menghayati perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

sebagai penerus perjuangan Nabi

Muhammad saw. dalam

menegakkan risalah Allah Swt

2.13       Meneladani perilaku terpuji al-khulafa Ar-rasyidun

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan  prosedural) berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait  fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam  ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung,  menggambar, dan mengarang) sesuai  dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut  pandang/teori

-243-