KELAS VII
Kompetensi Sikap Spiritual,
Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi
Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa
mampu:
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya |
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1.1 Terbiasa membaca
al-Qur’an dengan meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana adalah perintah agama |
2.2.1 Menunjukkan
perilaku semangat menuntut ilmu sebagaii mplementasi Q. Q.S. al-Mujadilah /58:11, Q.S.
ar-Rahman /55: 33 dan
Hadis terkait |
1.2 Terbiasa membaca Al-qur’an dengan meyakini bahwa
Allah SWT mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar dan pemaaf. |
2.2 Menunjukkan
perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan
hadis terkait. |
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha
Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat |
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri,
tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.4 Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. |
Menunjukkan
perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat |
5 Meyakini bahwa jujur, amanah,
dan istiqamah adalah perintah agama. |
5 Menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam
kehidupan sehari-hari. |
1.6 Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan
berempati terhadap sesama adalah perintah agama |
2.6 Menunjukkan perilaku
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama
dalam kehidupan sehari-hari |
1.7 . Menghayati
ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam |
2.7. Menunjukkan
perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syariat |
1.8 Menunaikan salat wajib berjamaah
sebagai implementasi pemahaman rukun Islam |
2.8 Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi
pelaksanaan salat berjemaah. |
-242-
1.9. Menunaikan sholat jum’at sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah |
2.9. Menunjukkan perilaku peduli terhadap
sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan sholat Jum’at |
1.10 Menunaikan salat jamak qasar ketika
bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah |
2.10 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai
implementasi pelaksanaan salat jamak qasar |
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah |
2.11. meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah |
Menghayati perjuangan dan
kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus
perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah
Swt |
2.13 Meneladani perilaku terpuji al-khulafa
Ar-rasyidun |
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
-243-
0 Komentar