PROGAM PEMBELAJARAN

MATERI IPA TERPADU

KELAS VII/SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NO

MATERI

KOMPETENSI DASAR

PENILAIAN

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Objek ipa dan pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasifikasi Materi

Kompetensi dasar

3.1.Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

Indikator

3.1.2 Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3 Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).

3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

Kompetensi dasar

4.1.Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil

Indikator

4.1.1. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

4.1.2 Melakukan pengukuran besaran- besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4.1.3 Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan sederhana yang sering dijumpai sehari hari

 

Kompetensi dasar

 

3.2    Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

Indikator

3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.

3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.

3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.

3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.

3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.

3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi

Kompetensi dasar

4.2    Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

Indikator

4.2.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.

4.2.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.

4.2.3 Peserta didik mampu melakukan pengelompokan dikotom dan membuat kunci determinasi

 

Ø  Tes tertulis

a.       Pilihan ganda

b.      Essay

Ø  Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Tes tertulis

a.Pilihan ganda

      b.Essay

      Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Zat dan wujudnya

Kompetensi dasar

 

3.3       Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan

Indikator

3.3.1 Menggolongkan karakteristik materi.

3.3.2 Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

3.3.3 Menjelaskan metode pemisahan campuran.

3.3.4 Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.

3.3.5    Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia

4.3       Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

Indikator

4.3.1 Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.

4.3.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran.

4.3.3 Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan, inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan

4.3.4    Peserta didik dapat melakukan tentang beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi, destilasi, dan sublimasi)

 

Ø  Tes tertulis

c.       Pilihan ganda

d.      Essay

Penugasan

4.

Suhu dan Pemuaian

Kompetensi dasar

3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

Indikator

3.4.1 Menjelaskan definisi suhu.

3.4.2 Menjelaskan berbagai jenis termometer.

3.4.3 Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.

3.4.4 Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

3.4.5    Menjelaskan definisi pemuaian

Kompetensi dasar

4.4       Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

Indikator

4.4.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang fungsi perasa sebagai pengukur suhu melalui percobaan

4.4.2 Peserta didik dapat membuat skala suhu, melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah kenali.

4.4.3 Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang energi panas benda.

4.4.4    Peserta didik dapat menyelidiki karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami perubahan wujud

Ø  Tes tertulis

e.       Pilihan ganda

Essay

Penugasan

5.

Energi

Kompetensi dasar

 

3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

Indikator

3.5.1 Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber- sumber energi.

3.5.2 Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam tubuh.

3.5.3    Menjelaskan konsep fotosintesis.

Kompetensi dasar

4.5       Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis

Indikator

4.5.1    Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil.

Ø  Tes tertulis

Pilihan ganda

Essay

     Penugasan

 

 

Kompetensi dasar

3.4       Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

Indikator

3.4.1 Mengetahui pengertian suhu dan termometer serta jenis termometer.

3.4.2 Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta  membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah dikenal.

3.4.3 Menjelaskan pengertian kalor.

3.4.4 Mendeskripsikan hubungan  kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan perubahan wujud.

3.4.5    Menentukan macam- macam perpindahan kalor.

Indikator

4.4       Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah SMPN 1 Kaloran                                                   Guru Mapel IPA

 

 

Tutik Budiarti,SPd.MMPd                                                  Ani Nurmawati,S.Si

NIP.19670505 199412 2 003                                                 NIP.19800520 200801 2 011