PROGAM
PEMBELAJARAN
MATERI IPA TERPADU
KELAS VII/SEMESTER
1
TAHUN PELAJARAN
2021/2022
NO |
MATERI |
KOMPETENSI DASAR |
PENILAIAN |
1. 2. |
Objek ipa dan
pengamatan Klasifikasi
Materi |
Kompetensi
dasar 3.1.Menjelaskan 3
keterampilan proses penyelidikan IPA Indikator 3.1.2 Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.1.3 Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5 Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran)
dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam
pengukuran 3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional) 3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuannya 3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan
beserta satuannya Kompetensi
dasar 4.1.Menyajikan hasil pengamatan,
inferensi, dan mengomunikasikan hasil Indikator 4.1.1. Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.2 Melakukan pengukuran besaran- besaran
panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.3 Melakukan pengukuran besaran- besaran turunan
sederhana yang sering dijumpai sehari hari Kompetensi
dasar 3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati. Indikator 3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi,
dan mengomunikasikan hasil observasinya. 3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat alamiah. 3.2.3 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang
bersifat buatan manusia. 3.2.4 Menjelaskan benda-benda yang bersifat
kompleks dan bersifat sederhana. 3.2.5 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis
benda di sekitar. 3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup
dan benda tak hidup. 3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. 3.2.8 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan
benda tak hidup. 3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap berbagai
makhluk hidup di sekitarnya. 3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di
sekitarnya. 3.2.11 Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
prinsip klasifikasi Kompetensi dasar 4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati Indikator 4.2.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya. 4.2.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup. 4.2.3 Peserta didik mampu melakukan pengelompokan
dikotom dan membuat kunci determinasi |
Ø Tes
tertulis a. Pilihan
ganda b. Essay Ø Penugasan Ø Tes tertulis a.Pilihan ganda b.Essay Penugasan |
3. |
Zat dan wujudnya |
Kompetensi dasar 3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan Indikator 3.3.1 Menggolongkan karakteristik materi. 3.3.2 Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan
campuran. 3.3.3 Menjelaskan metode pemisahan campuran. 3.3.4 Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia. 3.3.5 Mendeskripsikan perubahan fisika dan
perubahan kimia 4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan
campuran Indikator 4.3.1 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas. 4.3.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran. 4.3.3 Peserta didik dapat menjelaskan pengamatan,
inferensi danmengomunikasikannya tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
melalui beberapa rangkaian pengamatan dan percobaan 4.3.4 Peserta didik dapat melakukan tentang
beberapa metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, kromatografi,
destilasi, dan sublimasi) |
Ø Tes
tertulis c. Pilihan
ganda d. Essay Penugasan |
4. |
Suhu dan
Pemuaian |
Kompetensi
dasar 3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan Indikator 3.4.1 Menjelaskan definisi suhu. 3.4.2 Menjelaskan berbagai jenis termometer. 3.4.3 Menentukan skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer. 3.4.4 Menentukan skala thermometer tak berskala
dengan membandingkan dengan temometer berskala. 3.4.5 Menjelaskan definisi pemuaian Kompetensi dasar 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor Indikator 4.4.1 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang fungsi
perasa sebagai pengukur suhu melalui percobaan 4.4.2 Peserta didik dapat membuat skala suhu,
melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya
secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah kenali. 4.4.3 Peserta didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil penyelidikannya tentang
energi panas benda. 4.4.4 Peserta didik dapat menyelidiki
karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami perubahan wujud |
Ø Tes
tertulis e. Pilihan
ganda Essay Penugasan |
5. |
Energi |
Kompetensi
dasar 3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber
energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
fotosintesis Indikator 3.5.1 Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber-
sumber energi. 3.5.2 Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di
alam dan dalam tubuh. 3.5.3 Menjelaskan konsep fotosintesis. Kompetensi dasar 4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis Indikator 4.5.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi,
dan mengomunikasikan hasil. |
Ø Tes
tertulis Pilihan ganda Essay Penugasan |
|
|
Kompetensi dasar 3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan Indikator 3.4.1 Mengetahui pengertian suhu dan termometer
serta jenis termometer. 3.4.2 Menentukan skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan
termometer skala suhu yang telah dikenal. 3.4.3 Menjelaskan pengertian kalor. 3.4.4 Mendeskripsikan hubungan kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan
perubahan wujud. 3.4.5 Menentukan macam- macam perpindahan kalor. Indikator 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor |
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN 1 Kaloran Guru Mapel IPA
Tutik Budiarti,SPd.MMPd Ani
Nurmawati,S.Si
NIP.19670505 199412 2 003 NIP.19800520
200801 2 011
0 Komentar